SPONSOR

Jumat, 13 Februari 2009

Arianespace Awali 2009 Dengan Manis

JAKARTA - Pekan ini merupakan peluncuran satelit pertama kali yang dilakukan Arianespace di awal tahun 2009. Arianespace suskses mengorbitkan dua satelit komunikasi

Berdasarkan keterangan resmi pihak Arianespace, Sabtu (14/2/2009), dua satelit tersebut adalah HOT BIRD 10 yang akan digunakan oleh operator asal Eropa Eutelsat, dan NSS-9 untuk operator global SES New Skies, kelompok perusahaan SES. Misi tersebut juga meluncurkan satelit mikro untuk mendemonstrasikan program SPIRALE.

Suksesnya peluncuran roket Ariane 5, yang merupakan peluncuran pertama di tahun 2009, merupakan bukti bahwa Service & Solutions dari Arinespace terus menjadi standard global bagi para operator dan manufaktur komunikasi luar angkasa dunia. Ariane 5 sendiri merupakan jasa peluncur berat komersial satu-satunya pada saat ini yang secara serempak meluncurkan dua payloads.

Peluncuran Ariane 5 yang ke-43 ini merupakan kesuksesan Arianespace ke-29 secara berturut-turut. Saat ini Ariane 5 merupakan satu-satunya layanan peluncur komersil yang dapat meluncurkan dua satelit sekaligus.

Arianespace dan Eutelsat telah bekerjasama selama lebih dari 25 tahun, dimana roket peluncur Ariane telah meluncurkan lebih dari setengah dari satelit-satelit milik Eutelsat. HOT BIRD 10 merupakan satelit milik Eutelsat ke 24 yang diluncurkan oleh Arianespace.

Sebelumnya, Arianespace juga telah sukses meluncurkan HOT BIRD 9 pada Desember 2008, yang kini berlokasi di orbit flagship Eutelsat di 13 derajat bujur Timur.

Arianespace juga telah meluncurkan NSS-9 yang akan di-operasikan oleh SES New Skies, yang merupakan satelit ke-31 dari kelompok perusahaan SES (Euronext Paris dan Luxembourg Bourse: SESG) yang menggunakan peluncur Eropa. Grup SES adalah salah satu penyedia jasa satelit terdepan di dunia.

Selain itu, Arianespace juga telah mengorbitkan empat mikro satelit Essaim yang bersamaan dengan satelit Helios 2A untuk dewan pertahanan perwakilan Perancis (DGA), dan juga satelit Syracuse 3A dan 3B, Arianespace melanjutkan kerjasamanya dengan Departemaen Pertahanan Perancis. (srn)


0 komentar:

Posting Komentar