SPONSOR

Selasa, 10 Maret 2009

Brokoli Mampu Cegah Gangguan Pernapasan


CALIFORNIA - Sayur mayur telah dikenal lama sebagai bahan pangan yang mengandung banyak vitamin yang mampu membantu tubuh terhindar dari sejumlah penyakit. Baru-baru ini sejumlah peneliti dari University Of California Los Angeles (UCLA) mengungkapkan salah satu sayuran yang mampu mencegah berbagai gangguan pernapasan.

Seperti dilansir Sciencedaily, Kamis (5/3/2009) peneliti UCLA mengungkapkan bahwa brokoli mampu melindungi tubuh dari berbagai gangguan pernapasan seperti asma atau sesak napas.

"Ini merupakan studi pertama yang mengungkapkan tentang khasiat brokoli sebagai sumber pangan yang dapat berperan sebagai antioksidan," ujar peneliti UCLA, Dr Marc Riedl dalam artikelnya yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Immunology.

Menurut Riedl, para peneliti menemukan bahwa brokoli mampu meningkatkan produksi enzim antioksidan sehingga berpotensi membantu pernapasan. 200 gram brokoli dapat membantu meningkatkan 101 persen enzim antioksidan yang disebut GSTP1 dan 199 persen enzim lain yang dinamakan NQO1.

Brokoli diketahui mengandung sulforaphane alami yang merupakan fitokimia keluarga dari isothiocyanates yang berikatan dengan molekul gula. Saat seseorang mengonsumsi brokoli maka sulforaphane akan terpisah dengan molekul gula dan meningkatkan produksi enzim GSTP1 dan NQO1.

Peneliti yang bekerjasama dengan 65 sukarelawan melakukan penelitian sekira tiga bulan untuk mendapatkan semua kesimpulan tentang khasiat brokoli. (jri)



0 komentar:

Posting Komentar