SPONSOR

Kamis, 12 Maret 2009

Ilmuwan Pesimistis Mampu Atasi Global Warming


WASHINGTON - Perubahan iklim sepertinya tidak dapat lagi diatasi. Bahkan, meski emisi CO2 sudah dihentikan dalam kurun 1000 tahun ke depan.

Dilansir melalui AFP, Rabu (28/1/2009), sebuah studi yang dipimpin oleh badan kelautan dan atmosfir Amerika (NOAA) menemukan tidak adanya kemungkinan bagi bumi untuk mengubah kondisi iklim yang sekarang menjadi lebih baik. Pasalnya, perubahan yang terjadi pada suhu udara, intensitas hujan dan tingkat kelautan, tidak dapat diperbaiki lagi dalam kurun waktu 1.000 tahun yang akan datang, setelah emisi CO2 benar-benar dihentikan.

Para peneliti, yang dipimpin oleh ilmuwan senior NOAA Susan Solomon mengatakan, tingkat kadar CO2 saat ini sudah di ambang batas, sekira 385 bagian per sejuta. Padahal sebelumnya, kandungan CO2 di atmosfir bumi hanya berjumlah 280 bagian per sejuta.

Studi tersebut juga menemukan, tingkat CO2 tidak akan mampu mengubah pengaruhnya terhadap perubahan iklim. Bahkan akan memberikan kontribusi yang siginifikan pada peningkatan kapasitas laut dan perubahan iklim hujan di beberapa wilayah.

Mereka juga menekankan, tingginya kadar CO2 yang muncul pada kurun tahun 2000 hingga 2100 akan berpotensi menaikkan kadar laut selama 1.000 tahun ke depan. (srn)




0 komentar:

Posting Komentar