SPONSOR

Kamis, 12 Maret 2009

Kejar China, Astronot India ke Luar Angkasa 2015



NEW DELHI - Sejumlah dana segar sebesar 1.7 poundsterling siap digelontorkan oleh Pemerintah India, agar dapat mengirimkan astronotnya yang pertama ke luar angkasa pada 2015 mendatang. Dukungan penuh ini dilakukan, agar India bisa mengejar ketertinggalan dari China.


Badan antarikasa India (Isro) bersiap mengorbitkan dua putra terbaiknya ke luar angkasa. Negara tersebut juga menyebutkan, kalau dua astronotnya tersebut bakal berada di antariksa selama satu pekan. Misi ini sendiri, telah didukung oleh berbagai kalangan.

"Isro akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya, dan ini perlu didukung," kata Montek Singh Ahluwalia, wakil ketua dari Komisi Perencanaan, seperti yang dikutip Guardian, Rabu (25/2/2009).

"Proyek penerbangan ke luar angkasa ini akan dilakukan dalam dua tahap, pesawat tanpa awak akan diluncurkan pada 2013-1014 dan pesawat dengan awa pada tahun berikutnya," cetusnya.

Jika ini berhasil, India menjadi negara keempat setelah Amerika Serikat, Rusia dan Cina, untuk mengirim manusia ke dalam ruang. Akan tetapi, bukan negara satu-satunya negara di Asia yang berencana mengirimkan manusia ke luar angkasa. Pasalnya, Iran pun mempunyai rencana yang sama untuk mengirimkan awak ke 2021. (srn)



0 komentar:

Posting Komentar