SPONSOR

Sabtu, 21 Maret 2009

Mengenal Blog Client: Blogging Jadi Lebih Mudah


Menulis blog atau blogging telah menjadi kebutuhan sehari-hari banyak orang. Ada beberapa aplikasi yang dapat memudahkan pengguna dalam menulis blog, salah satunya adalah Blog Client.

Blog Client merupakan aplikasi blogging yang dapat jalankan melalui desktop. Seperti masuk ke dalam halaman admin dari sebuah situs layanan blog, kita dapat mengedit sebuah postingan, mempublikasikan, atau menyimpannya ke dalam draft terlebih dahulu. Bahkan kita dapat mengelola, mengatur katergori, menghapus, mengedit ulang semua postingan, sampai mengungah foto yang ada di dalam blog tersebut.

Yang makin menarik, Blog Client memiliki interface yang mirip dengan program pengolahan kata seperti MS Word di Windows, yang tentunya memudahkan Anda untuk menulis sebuah postingan.

Cara penggunaan

Untuk menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menentukan setting dari tiap blog yang akan dikelola. Anda cukup mengisi username, password, URL blog dan menentukan type engine dari blog. Sisanya, Blog Client akan men-sinkronisasi postingan dan kategori secara otomatis.

Keunggulan menggunakan Blog Client:

1. Dapat menulis postingan tanpa harus online
2. Postingan dalam disimpan dalam bentuk draft
3. Memiliki tampilan yang lebih menarik dan familiar
4. Dapat digunakan untuk mengelola lebih dari satu blog dengan blog engine yang berbeda (Wordpress, Blogger, Drupal, Textpattern, Movable Type)
5. Unggah file (media: video, audio, image) yang lebih cepat dibandingkan melalui web
6. Dapat mem-backup semua postingan ke dalam komputer lokal

Kekurangan menggunakan Blog Client:

1. Publish Post Only, yaitu hanya dapat digunakan untuk mempublikasikan postingan, tidak dapat untuk mem-publish halaman.
2. Hanya dapat menjangkau fungsi admin dari blog yang terkait dengan posting, karena di sini tidak dapat mengelola plugin, tema, skin, atau blog setting.

Aplikasi yang tersedia

Setiap aplikasi Blog Client memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan yang lain. Sebagai pertimbangan untuk memilih mana yang tepat untuk blog Anda, berikut ini adalah beberapa Blog Client gratis yang populer:

W.Bloggar (Tersedia juga versi portable). Platform: Windows Blog Engine: Wordpress, MovableType, TypePad, Drupal, b2evolution, Nucleus CMS, Squarespace, Community Server, BlogEngine.NET.

BlogDesk. Platform : Windows. Blog Engine: WordPress, MovableType, Drupal, Serendipity and ExpressionEngine.

Post2Blog. Platform: Windows. Blog Engine: WordPress, MovableType, Blogger, Tyepad.

Deepest Sender. Platform: Firefox, SeaMoney, XULRunner. Blog Engine: LiveJournal, Blogger, Wordpress, MSN Live Spaces, meta Weblog.

Flock Browser. Platform: Windows, Mac, Linux. Blog Engine: Blogger, Blogsome, LiveJournal, Wordpress, Xanga, Moveable Type.

Windows Live Writer. Platform: Windows (XP or Vista). Blog Engine: Windows Live Spaces, Blogger, LiveJournal, TypePad, WordPress Type.

Bleezer. Platform: Windows, Mac, Linux. Blog Engine: Blogger, Blojsom, Drupal, MovableType, Nucleus, SquareSpace, TypePad, WordPress.

Drivel Journal Editor. Platform: Linux. Blog Engine: LiveJournal, Blogger, MovableType, Advogato, Wordpress, Drupal.

ThingamaBlog. Platform: Windows, Mac, Linux. Blog Engine: LiveJournal, Blogger, MovableType, Advogato, Wordpress, Drupal.


(Dari berbagai sumber) (srn)




0 komentar:

Posting Komentar