SPONSOR

Kamis, 12 Maret 2009

Pameran Mumi Terbesar di Dunia



ROMA - Kota Bolzano, Italia, akan menjadi kota pertama di dunia yang pernah menyelenggarakan pameran mumi terbesar di dunia.

Pameran bertajuk Dream of Eternal Life (Impian Kehidupan Abadi) ini diikuti lebih dari 60 mumi dari Mesir, Asia, Eropa, dan Amerika Selatan yang didatangkan dari 27 museum. Mumi yang dipamerkan tidak hanya berupa mumi manusia, tapi juga mumi hewan. Pameran juga akan menampilkan artefak-artefak yang punya kaitan dengan mumi-mumi itu.

Di antara mumi yang dipamerkan, terdapat mumi paling terkenal, Iceman atau Oetzi, mumi berusia 5.300 tahun yang merupakan mumi seorang pemburu Neolitikum yang ditemukan di pegunungan Alpen pada 1991. Ditempatkan di sebuah lemari pendingin khusus, Oetzi dikenal sebagai 'mumi basah' tertua di dunia karena warna dan tekstur kulitnya. Dia dinamai Oetzi sesuai dengan nama Oetz Valley, tempat dia ditemukan oleh para pendaki. Saat ditemukan, dia masih mengenakan celana dari bahan kulit kambing dan mantel rumput.

Kapak dan anak panahnya tergeletak di sampingnya. Awalnya, dia dikira tewas akibat kedinginan dan kelaparan, tapi peneliti akhirnya mampu menyimpulkan bahwa dia tewas akibat luka yang dia derita dari sebuah konflik. Seperti Oetzi, beberapa mumi lain juga mengalami mumifikasi alamiah di gurun, rawa atau es, sementara yang lain dimumikan oleh orang. (sindo//srn)




0 komentar:

Posting Komentar