SPONSOR

Sabtu, 21 Maret 2009

Produksi Energi Pengaruhi Populasi Burung



WASHINGTON - Kebutuhan energi yang sangat tinggi di dunia, membuat sebagian negara berupaya mencari energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi. Sebut saja produksi bio ethanol dari bahan jagung untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan.


Tapi produksi energi untuk bio ethanol, dinilai sebagian kalangan telah mempengaruhi populasi burung di Amerika Serikat. Tak hanya produksi bio ethanol, proses penambangan batu bara sebagai bahan energi juga mempengaruhi populasi burung di Amerika Serikat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University menunjukkan selama 40 tahun terakhir, populasi burung merosot 30 hingga 40 persen.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (21/3/2009), peneliti tersebut mengungkapkan eksploitasi sumber energi telah menekan jumlah burung di alam liar.

"Kita harus membuka mata kembali untuk lingkungan, meskipun untuk kepentingan kebutuhan energi," kata Direktur Laboratorium Ornithology Cornell University, John Fitzpatrick.

Lalu apa hubungan antara produksi energi dan populasi Burung di alam liar? Salah satu hasil penelitian memperlihatkan, setengah padang rumput tempat habitat beberapa jenis burung tergusur akibat pembukaan ladang jagung yang semakin luas. Sedangkan penambangan batu bara telah merusak ekosistem di wilayah pegunungan, rusaknya ekosistem itu juga menggusur sejumlah jenis burung yang ada di wilayah tersebut.



0 komentar:

Posting Komentar