SPONSOR

Sabtu, 21 Maret 2009

Tikus Putih Berhasil Usir Tikus Pengerat



Tak hanya bagi rumah tangga, tikus ternyata membuat pusing polisi. Namun, polisi di negara bagian Haryana, India, telah menemukan cara terbaik mengusir binatang pengerat itu.

Polisi yakin telah menemukan cara mengusir binatang yang suka mengerat data resmi dan juga memusnahkan bukti tindak kejahatan dengan cara menggunakan sepasang tikus putih peliharaan. Mereka yakin, tikus peliharaan ini membuat takut tikus-tikus pengerat.

Sebelum menggunakan cara itu, polisi di Haryana telah menggunakan segala cara untuk mengusir tikus, dari cara paling tradisional sampai cara paling modern sekalipun, tapi tak satu pun berhasil. Situasi itu paling buruk terjadi di distrik Karnal, dimana sepasukan tikus, selama bertahun-tahun, menghancurkan banyak catatan di pengadilan.

"Sepasukan tikus telah menginvasi Moharar Maalkhana (ruang rekam) dan kami sudah putus asa," ujar Superintenden senior Karnal Ashinder Singh Chawla.

"Tikus- tikus ini rakus sekali dan telah mengunyah kertas-kertas penting, baju, dan bahkan karung goni yang biasa kami pakai untuk menyimpan narkoba, minuman beralkohol, dan senjata yang kami sita dari penjahat dan lokasi kejahatan," tambahnya.

Tikus-tikus itu tampaknya sangat suka mengunyah kantong- kantong yang berisi narkoba di Haryana yang disita dari para pengedarnya di kawasan itu. Kini Chawla dan anak buahnya sudah bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, mereka telah menemukan solusi masalah mereka lewat sepasang tikus putih.

"Sekitar sebulan lalu, seorang pria dari Ambala (kota dekat Karnal) menyarankan agar kami memakai tikus putih peliharaan," kata Chawla. Penasaran ingin mencoba resep itu, polisi Karnal akhirnya membeli dua tikus putih dari penyuplai hewan percobaan laboratorium dengan harga 200 rupee (sekitar Rp46.500). "Seperti sihir," ujar Chawla.

"Anak buah saya melepas mereka di Maalkhana tiap malam, dan tikus- tikus itu lantas menghilang begitu saja. Bagian terbaiknya adalah penjaga kami (tikus putih) itu tidak menyentuh dokumen atau karung goni itu, kami tetap memberi mereka makan susu segar dan roti," lanjut dia.

Percobaan aneh di markas polisi di Karnal itu menarik perhatian ahli biologi hewan universitas. Chawla sudah mendapatkan sejumlah tugas dari laboratorium kecil di Haryana Agriculture University di Hissar.

Chawla sendiri mengaku tidak tahu mengapa dan bagaimana tikus putihnya itu bisa melakukan itu semua.Itu bisa menjadi sebuah penemuan baru untuk menangani masalah tikus. (sindo//srn)




0 komentar:

Posting Komentar