SPONSOR

Jumat, 03 April 2009

Bertie, Robot Gemulai dan Senang Bermain



LONDON - Museum Science di London kedatangan anggota baru. Bukan siapa, tapi apa. Dia adalah robot yang mampu menggerakkan setiap sendi rangka dalam tubuhnya.

Robot yang diberi nama Bertie itu mampu bergerak bebas seperti layaknya manusia karena setiap rangka dalam tubuhnya dibuat seperti sendi tulang sehingga dapat bergerak dengan leluasa. Bahkan Bertie dapat menggerakkan jari jemarinya dengan lentur seraya bermain gunting-batu-kertas dengan para pengunjung museum.


"Kami sedang berupaya mendesain robot humanid masa depan yang dapat berinteraksi dengan manusia. Robot seperti Bertie dapat digunakan untuk mengembangkan tulang palsu yang dapat membantu korban kecelakaan mendapatkan kembali anggota tubuhnya," ujar pihak peneliti dari laboratorium Robotik Bristol Graham Whiteley, seperti dikutip melalui AFP, Rabu (18/2/2009).

Untuk bermain dengan Bertie, para pengunjung harus menggunakan sarung tangan khusus, yang telah dilengkapi dengan sensor yang terhubung dengan sistem jaringan sang robot.

Dalam proses pembuatannya, Bertie telah memakan biaya sekira 200.000 poundsterling. (srn)



0 komentar:

Posting Komentar