SPONSOR

Jumat, 03 April 2009

iCub, Robot Lucu Buatan Eropa



LONDON - Selama ini, temuan-temuan teknologi mutakhir, seperti robot, banyak ditelurkan oleh Jepang. Hal ini ternyata memicu negara di Eropa untuk bisa membuat robot-robot canggih. Kali ini, hadir robot lucu dalam bentuk anak kecil buatan Eropa yang diberi nama iCub.


Robot seharga 200.000 ini dapat merangkak dan merasakan rangsangan sekitarnya dengan menggunakan tangan untuk mencengkram dan memanipulasi.

iCub merupakan hasil rancangan RobotCub Consortium dari berbagai Universitas ternama, robot tercanggih ini merupakan hasil proyek selama lima tahun yang didanai oleh European Commission.

Rencananya robot iCub akan dipasarkan pada akhir tahun di 20 Universitas, termasuk Imperial College, Plymouth dan Manchester.

Pimpinan proyek ini, Professor Darwin Caldwell yang juga kepala riset di Italian Institute of Technology di Genoa, percaya bahwa iCub tidak kalah dengan robot-robot lainnya.

"Secara mekanis Robot buatan kami tidak kalah bersaing dengan robot-robot buatan Jepang" ujarnya seperti yang dikutip Annanova, Jumat (3/4/2009).

Bagaimanapun, menurutnya robot buatan Eropa masih kalah saing dengan buatan Jepang dalam hal penampilan fisik, karena hanya bisa merangkak, bukan berjalan.

"Orang-orang di Jepang membutuhkan waktu 10 tahun untuk mengembangkan software untuk kontrol general. Sehingga mereka dapat berjalan, melangkah, bahkan menari dengan indah," demikian pungkas Caldwell. (srn)



0 komentar:

Posting Komentar