SPONSOR

Jumat, 03 April 2009

Jepang Berhasil Mengkloning Kerbau Legendaris



TOKYO - Ilmuwan Jepang berhasil mengkloning seekor kerbau yang dikenal sebagai maskot sebuah merek daging ternama di Jepang. Keberhasilan ini juga membuka kemungkinan bagi Jepang untuk mengonsumsi daging dari hewan kloningan.


Di awal tahun kerbau ini, para peneliti Jepang mengawalinya dengan keberhasilan mereka mengkloning Yasufuku. Ini merupakan nama sebuah kerbau legendaris bagi merek daging kalengan ternama di Jepang Hida-Gyu. Melalui bantuan testis almarhum Yasufuku, yang sebelumnya telah didinginkan selama 13 tahun, para peneliti itu akhirnya sukses menghadirkan empat ekor kerbau Yasufuku hasil kloningan.

Para peneliti dari Universitas Kinki dan institut penelitian Gifu berhasil menghadirkan empat ekor Yasufuku setelah melalui penelitian dalam kurun waktu November 2007 hingga Juli 2008. Sayangnya, dua di antara empat kerbau kloningan tersebut meninggal setelah sempat menghirup udara selama satu bulan.

"Testis almarhum Yasufuku telah kami dinginkan terlebih dahulu selama lebih dari setahun, tanpa perawatan khusus," ujar ketua tim peneliti, seperti dilansir melalui AFP, Jumat (9/1/2008).

Temuan ini bisa jadi merupakan awal dari kemungkinan industri Jepang memproduksi daging kloningan untuk dikonsumsi. Sayangnya, pemerintah Jepang belum bisa mengeluarkan ketentuan tersebut karena saat ini masih dilakukan penelitian.

Beberapa negara di Eropa dan Amerika telah memberikan izin kepada produsen daging olahan dan memperbolehkan mereka menjual daging kloningan.(srn) (jri)



0 komentar:

Posting Komentar