SPONSOR

Selasa, 02 Juni 2009

Mengatasi Insomnia Yang Mengganggu


Mengatasi Insomnia Yang Mengganggu

Hampir setiap orang pernah mengalami insomnia. Ternyata perilaku kita sebelum tidur bisa jadi pencetus datangnya tamu tak diundang ini.
Berkut beberapa tips agar kita bisa tidur dengan mudah :

1. Ukuran kasur ikut berpengaruh, jadi pastikan ukuran kasur cukup besar dan nggak sempit biar kita bisa tidur dengan leluasa. kasurnya sendiri usahakan jangan terlalu empuk, biar punggung kita tidak sakit dan juga jangan terlalu kaku atau keras sebab nanti kita akan sakit leher dan bahu.
2. Bantal juga punya peran yang penting dalam tidur kita, sebab selain sebagai alas tidur. Bantal yang gepeng dan punya kualitas rendah bisa mengganggu tulang belakang. Pilihlah bantal yang padat dan empuk. Sebab babntal yang nyaman memberikan tekanan tepat pada kepala sehingga sirkulasi darah akan leluasa bergerak. kebiasaan posisi tidur miring, membutuhkan bantal yang menyangga kepala dan leher.


3. Sprei yang halus dan juga lembut bisa mempengaruhi tidur kita. Sentuhan lembut sprei pada kulit memberikan pengaruh pada suhu tubuh.
4. Biasakan makan, tidur dan bangun secara teratur.
5. Jangan menonton film tegang atau menyedihkan menjelang tidur. Serta usahakan jangan tidur larut malam.
6. Olah raga atau senam bisa membantu menghilangkan tekanan mental dan ketegangan otot. Sempatkanlah dalam sehari meluangkan waktu setengah jam untuk berolah raga. Jangan lupa olahraga sebaiknya dilakukan di pagi atau sore hari, jangan malam hari, karena adrenalin tubuh akan bergerak cepat.
7. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat, paling tidak empat jam sebelum tidur. Kalau malam hari lapar, bisa makan pisang yang mengandung asam amino trytophan.
8. Hati-hati dnegan obat flu yang mengandung Phenylpropanolamine atau perangsang lain yang dijual bebas dipasaran. Bisa jadi sulit tidur yang kita alami disebabkan oleh efek sampingan dari obat.
9. Teknik Relaksasi, meditasi, yoga, atau mendengarkan rekaman suara ombak atau alunan musik yang menenangkan bisa membantu tidur nyaman. Relaksasi otot progresif sangat tepat menjelang tidur. pejamkan mata dan santaikan badan mulai dari ujung jari kaki. Lakukan terus sampai kita mampu merilekskan seluiruh tubuh hingga ketegangan menurun.
10. Kalau tidak bisa tidur, jangan mengatakan, “saya harus mencoba tidur”. Sebab semakin dicoba semakin sulit. Jika sampai tidak mengantuk sama sekali, tinggalkan tempat tidur. Kerjakan sesuatu yang tidak menegangkan sampai ngantuk.
11. Hindari terlalu lama tidur siang atau tidur sore hari. jangan mencoba menebus tidur yang terasa kurang. Jangan khawatir kalau sekali-kali tidur kurang dari 8 jam. Dan hindari suara ribut atau lampu yang terlalu terang



0 komentar:

Posting Komentar