SPONSOR

Selasa, 02 Juni 2009

Menggerakkan Kursi Roda Dengan Pikiran


LONDON - Selama ini kursi roda yang dikendalikan oleh remote control sudah termasuk canggih. Sekarang, agaknya kecanggihan itu akan tersingkir, karena berganti dengan kursi roda yang bisa digerakkan dengan pikiran.

Teknologi unik dan canggih ini dikembangkan oleh ilmuwan Spanyol, Dr Javier Minguez, dari University of Zaragoza. Dengan teknologi rancangannya, pengguna kursi roda, terutama penyandang cacat tidak perlu lagi menggunakan joystick konvensional agar bisa berjalan dan berputar di atas kursi roda. Yang perlu mereka lakukan hanyalah memikirkan kemana mereka ingin pergi.

"Kursi roda ini sangat mudah digunakan. Para sukarelawan yang berpartisipasi dalam uji coba kursi roda ini hanya perlu waktu 45 menit untuk mempelajari cara menggunakannya. Selanjutnya, mereka bisa dengan lancar mengoperasikannya," ujar Minguez yang dikutip dari Telegraph, Jumat (1/5/2009).

Minguez melengkapi kursi roda dengan topi yang mengandung muatan elektroda. Ketika dipakaikan pada pengguna, topi ini kemudian mendeteksi aktivitas otak mereka dan bekerja mewujudkan pergerakan ke arah yang mereka inginkan.�

Selain itu, terdapat pula pemindai laser yang bisa menciptakan gambar tiga dimensi area dimana kursi roda tersebut berada. Gambar tersebut ditampilkan pada layar didepan pengguna kursi roda.

Pengguna cukup berkonsentrasi dengan melihat tampilan layar kemudian memikirkan tempat dan arah yang ingin dituju. Secara ajaib teknologi canggih ini akan membuat kursi roda merespon dan bergerak sesuai keinginan penggunanya.

Namun sayangnya, kursi roda ini masih belum siap dipasarkan dalam skala besar. Minguez mengatakan saat ini ia tengah mengembangkan kursi roda sejenis yang lebih cepat dan canggih. (srn)




0 komentar:

Posting Komentar