SPONSOR

Selasa, 10 Maret 2009

Hubungan Manusia dan Kuda Berusia 5500 tahun


WASHINGTON - Hubungan kuda dengan kehidupan manusia sudah dikenal dalam perjalanan sejarah peradaban manusia. Namun tahukah anda, sejak kapan kuda bersahabat dengan kehidupan manusia?

Penemuan peninggalan arkeologis sisa kebudayaan Botai di Kazakhtan mengungkapkan, kuda telah digunakan manusia sejak 5.500 tahun lalu. Hal itu 1.000 tahun lebih awal dibandingkan apa yang selama ini diyakini masyarakat. Arkeolog kemudian meneliti fosil tulang dan gigi yang ditemukan di kawasan pegunungan Ural, di sebelah utara Kazakhtan.

Arkeolog menyatakan, manusia telah berhasil menjinakkan kuda untuk digunakan sebagai transportasi atau bahan makanan. Manusia memerah susu dan memanfaatkan daging kuda untuk dikonsumsi sehar-hari.

"Apa yang menjadi kunci dari peninggalan kebudayaan Botai adalah manusia tak hanya menjinakkan kuda tapi memakan daging kuda, menungganginya, dan memerah susu sejak masa awal pemanfaatan kuda," ujar peneliti University of Exeter, Inggris, Alan Outram, seperti dilansir melalui Associated Press, Jumat (6/3/2009).

Outram juga menjelaskan, sejak berhasil menjinakkan kuda, perkembangan peradaban manusia berubah dengan cepat. Pemanfaatan kuda memiliki dampak dalam bidang sosial, dan ekonomi yang cukup signifikan.

Para peneliti percaya, jika mobilitas manusia dengan transportasi kuda menyebabjan terjadinya penyebaran bahasa dan unsur-unsur kebudayaan lainnya. (rhs)



0 komentar:

Posting Komentar